World Class Professor Asah Kemampuan Dosen UNNES dalam Menulis Proposal Penelitian Kompetitif Tingkat Nasional dan Internasional

Posted by

Melanjutkan serangkaian program World Class Professor, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Semarang (UNNES) adakan seminar Proposal Writing for National and International Competitive Research pada Selasa (26/9) di Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Kampus UNNES Sekaran, Semarang.
Peserta seminar kali ini terdiri dari 25 dosen FBS UNNES. Kemudian, materi seminar kali ini berfokus pada materi yang dibawakan oleh dua pembicara, yakni Prof Elizabeth Rata, dari Auckland University dan Prof Dr Totok Sumaryanto MPd, selaku kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNNES.
Prof Elizabeth membuka seminar dengan materi mengenai International Research Grant Application. Materi sesi ini memiliki lingkup dalam pendanaan riset tingkat internasional.
Beliau menjelaskan bahwa terdapat tiga poin penting dalam mendapatkan pendanaan penelitian tingkat internasional, antara lain: pendanaan (asal dana, tujuan pendanaan, transparansi dana), latar belakang penelitian (kesiapan penelitian, tujuan penelitian, level penelitian, bidang penelitian), dan lamaran pengajuan penelitian (proposal penelitian, prosedur EOI).
Dalam presentasi berikutnya, Prof Totok menyampaikan materi mengenai Preparation of National Competitive Research Proposal. Penjelasan presentasi bagian ini berkutat dengan persiapan proposal penelitian kompetitif di tingkat nasional.
Menurut Dr Rudi Hartono, selaku kepala Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNNES, seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman praktis bagi para peserta. Oleh karena itu, mereka diberikan tugas untuk membuat proposal penelitian dalam 4-5 halaman yang akan dibimbing secara langsung oleh Prof Elizabeth Rata dan dapat berubah menjadi penelitian yang dapat dipublikasikan nantinya.
(Cesar Abdul, Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 15:22:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter