BEM UNNES Selenggarakan Dialog Kebangsaan, Peran Pemuda dalam Menjaga Semangat Nasionalisme dan Bela Negara dalam Ketahanan Nasional

Posted by

Indonesia merupakan negara besar yakni terdiri atas beribu-ribu pulau dan beranega ragam bahasa dan dielek, dan perbatasan antara Indonesia dengan negara tetangga diantaranya hanya dengan sebuah batu beton yang mudah rapuh serta mudah dipindahkan dari tempatnya. Untuk itu peran pemuda harus kukuh dalam nasionalisme.

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan itu saat membuka Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa UNNES, Kamis (14/9) Kamis (14/9) di dekanat Fakultas Ekonomi kampus UNNES kampus Sekaran Gunungpati.

Kegiatan dengan tema Peran Pemuda dalam Menjaga Semangat Nasionalisme dan Bela Negara dalam Ketahanan Nasional di Daerah Jawa Tengah diikuti 300 an mahasiswa dan pemerhati pendidikan.

Dr Budiyanti SH MHum Ketua IKA UNNES yang juga Kabid Ideologi dan Kewaspadaan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah sebagai nara sumber menyampaikan ada tiga hal peran pemuda dalam menjaga semangat nasionalisme yakni sebagai agen perubahan, pembangunan, dan modernisasi. Ketiga itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pemuda hari ini adalah pemuda hari esok.

Drs R Djati Prijono MSi Sekretaris Kesbangpol mewakili Wali Kota Semarang menyampaikan, majunya bangsa Indonesia ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM), untuk itu perlu pengembangan karakter bangsa yakni melalui keluaga (orang tua), Pendidikan (dunia pendidikan), masyarakat (keteladanan masyarakat), dan pemerintah (memberikan fasilitas).

Hadir turut memberi motivasi pada Dialog Kebangsaan yakni Bribjen TNI Drs Nugroho Sulistyo Budi MM Direktur IV BIN.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 14:19:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter