UNNES Selenggarakan Sekolah Manajemen Kepemimpinan

Posted by

Guna meningkatkan produktivitas lembaga, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Sekolah Manajemen Kepemimpinan di Hotel Noorman, Semarang (23/08). Sekolah Manajemen Kepemimpinan ini adalah sebuah mekanisme penjaminan mutu untuk memastikan bahwa semua pimpinan unit yang ada di UNNES memahami tugas dan fungsinya dalam mendukung visi UNNES. Sekolah Manajemen Kepemimpinan diikuti oleh semua pimpinan UNNES sampai ke tingkat kepala laboratorium.

Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum, pada kesempatan ini menyampaikan materi khusus berjudul ‘Kepemimpinan Bertumbuh’. Materi tersebut menekankan pentingnya kepemimpinan sebagai sumber kebaikan, penguatan pohon kepemipinan, komunikasi pemimpin, kemampuan menghadapi situasi sulit, dan kemampuan untuk menyiapkan kepemimpinan selanjutnya. Materi tersebut adalah ringkasan dari buku kepemimpinan yang ditulis Rektor dengan judul yang sama.

Melalui presentasi tersebut, pimpinan di seluruh unit diharapkan dapat mengaplikasikan filosofi kepemimpinan bertumbuh pada sub-organisasi yang dipimpinnya. Pada kondisi normal, pemimpin biasanya dapat memberikan performa yang baik namun pada kondisi krisis pemimpin memiliki potensi kelelahan dan kemudian menyerah. Pemimpin boleh gagal, tapi pemimpin tidak boleh menyerah, menurut Rektor.

Materi selanjutnya berkaitan dengan sistem informasi pendukung manajemen perguruan tinggi. Pimpinan unit tidak boleh hanya duduk dan tanda tangan dokumen. Dengan sistem informasi yang tersedia saat ini, pimpinan UNNES dapat memonitoring output kegiatan dan memperbaiki realisasi output jika masih di bawah standar.

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi tradisi kepemimpinan yang dilaksanakan secara rutin.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 10:11:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter