Rayakan Hari Anak Nasional, Siswa SD Labschool UNNES Ikuti Lomba Olahraga dan Permainan Tradisional

Posted by

Puluhan Siswa-siswi SD Labschool Universitas Negeri Semarang (UNNES) mulai kelas 1 sampai kelas 6 mengikuti berbagai lomba olahraga dan permainan tradisional, Selasa (25/7) di halaman SD Labschool UNNES Sampangan Semarang.

Koordinator kegiatan Saeful Rohman menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2017. Adapun lomba tersebut antara lain permainan dakon, glindingan ban, dan gobak sodor.

Peringatan tahun ini mengangkat tema “Menumbuhkembangkan Karakter Anak melalui Permainan Tradisional”. Tema ini diangkat karena melihat perkembangan sekarang yang sudah semakin digital. Banyak anak yang lebih asyik duduk berlama-lama untuk bermain gadget dari pada berlari atau berkejaran seperti dalam permainan glindingan ataupun gobak sodor. Tentu hal ini kurang baik untuk perkembangan mental dan psikologi anak.

“SD Labschool ingin mengembalikan dunia anak ke dunia sebenarnya yaitu dunia bermain, bermain yang melibatkan aktivitas psikomotorik anak bukan bermain gadget,” kata Saeful.

Saeful menerangkan, pada awalnya permainan-permainan seperti dakon, gelindingan ban, dan gobak sodor masih terasa asing bagi sebagian siswa. Namun, setelah dijelaskan cara permainannya mereka menyukainya.

Diharapkan dari kegiatan permainan tradisional ini dapat membentuk karakter anak yaitu karakter pantang menyerah, disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama.

Selain itu, anak-anak juga diajak untuk mengenal permainan warisan bangsa Indonesia, khususnya di tanah Jawa ini, yang sudah ada sejak dulu. Supaya permaian seperti ini tetap lestari.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 09:37:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter