Mengetahui Tata Kelola Arsip di UNNES melalui Pelatihan UPT Kearsipan

Posted by

UPT Kearsipan UNNES adakan bimbingan teknis kearsipan bertajuk “Pelatihan Model Manajemen Arsip Dinamis di Unit Kerja Universitas Negeri Semarang” pada Rabu (26/7) di Ruang 404, Rektorat UNNES. Acara tersebut mengundang 50 peserta dari kalangan staf dan kepegawaian UNNES. Selaku pembicara dalam acara tersebut adalah Agung Kuswantoro, SPd, MPd, staf UPT Kearsipan UNNES.

Materi yang Agung berikan berkaitan dengan model pengelolaan arsip dinamis di lingkungan UNNES. Ia menyatakan bahwa arsip yang ada di UNNES baiknya disimpan dengan model tempat kearsipan seperti yang telah di terapkan di bidang II (administrasi dan keuangan) Rektorat UNNES dengan harapan tidak ada arsip yang menumpuk. Lebih lanjut, setipa lemari arsip tersebut sudah diberi pola klasifikasi berdasarkan penomorannya.

Selain mengenai pentingnya pengelolaan bentuk hardcopy dari arsip, Agung juga menyatakan mengenai pentingnya pencatatan arsip pada sistem yang disebut SIARDI (Sistem Arsip Dinamis). Adanya sistem tersebut menjadi sarana pencatatan arsip secara online yang bisa diinput dan dicari dengan mudah berdasarkan kodenya. Nantinya, sistem tersebut akan dapat digabungkan dengan sistem lainnya seperti SIRADI atau bagian surat-menyurat.

Dari acara sosialisasi ini, Agung berharap bahwa model yang ia sampaikan dapat diterapkan pada seluruh bagian di UNNES. Sehingga, pengarsipan di seluruh bagian di UNNES dapat diatur dalam sistem yang dinamis dan terhubung. (Cesar, Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 10:37:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter