LP2M Adakan Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian bagi Tenaga Akademik dari Menristekdikti

Posted by

Universitas Negeri Semarang
LP2M Adakan Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian bagi Tenaga Akademik dari Menristekdikti

Sebagai Universitas berwawasan konservasi, sudah selayaknya Universitas Negeri Semarang mengembangkan fokus pada tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian). Untuk mendukung tujuan ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNNES mengadakan workshop sosialisasi panduan penelitian dan pengabdian berdasar kebijakan direktorat riset dan pengabdian 2018 dari Menristekdikti pada Jumat (5/5) di Ruang Borobudur, Gedung LP2M UNNES. Dengan tema “Arah Kebijakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2018 dan Sosialisasi Panduan Edisi XI), program ini diikuti oleh jajaran pimpinan, staf akademik, staf kependidikan, dan dosen.

Acara ini diawali dengan sambutan dari rektor UNNES, Prof Dr Fatkhur Rokhman MHum. Dalam sambutannya, Fatkhur Rokhman, berpesan bahwa informasi dari narasumber dalam workshop ini merupakan hal yang penting yang menjadi tolak ukur hibah penelitian dan pengabdian bagi para dosen. Ia juga menganjurkan bahwa semua dosen UNNES wajib melakukan penelitian dan mempublikasikannya untuk dapat menjadi dosen yang unggul.

Narasumber dalam workshop ini adalah Prof Dr Ocky Karna Radjasa MSc, selaku Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti. Fokus materi yang ia berikan berupa Kebijakan Riset dan Reformasi Regulasi. Di dalam presentasi materi, beliau menekankan pada sedikitnya jumlah penelitian yang dilakukan oleh dosen dan staf kependidikan. Hal ini diperparah dengan sedikitnya jumlah penelitian yang berindeks internasional dari para dosen tersebut. Oleh karena itu, ia menghimbau para dosen untuk meningkatkan produksi penelitian berindeks internasional guna meningkatkan reputasi universitas dan negara secara keseluruhan.

Materi dilanjutkan dengan pemberian panduan penelitian dan pengabdian dosen Edisi XI. Dalam hal ini, materi dikembangkan mulai dari informasi biaya hibah penelitian, jenis penelitian, klaster penelitian dan pengabdian, serta isu-isu terkini yang memiliki potensi tinggi untuk mendapatkan hibah penelitian. (Cesar, Student Staff)


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 11:45:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter