Mahasiswa PPL Internasional Unnes Ajari Pencak Silat dan Buddy Program

Posted by

Sepuluh mahasiswa Unnes yang mengikuti program PPL Internasional di Thailand mendapatkan program orientasi dari VSA (Volunteer Spirit Association) Thailand.

Kegiatan ini berlangsung tanggal 15 – 22 Agustus di Non-formal Education Center di Songkhla yang merupakan tempat pelatihan milik pemerintah Thailand khusus untuk pendidikan non formal.

Tujuan dari kegiatan orientasi ini adalah untuk membekali para mahasiswa tentang sistem pendidikan di Thailand, budaya masyarakat, bahasa, dan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Salah satu agenda kegiatan orientasi adalah mengikuti kegiatan buddy program selama satu hari di Thaksin University dimana satu orang mahasiswa Indonesia ditemani oleh 2 atau 3 mahasiswa Thailand.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Thailand Phleng Chat Thai. Kemudian acara dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan belajar di kelas yang diisi dengan kegiatan menarik yang ditampilkan oleh mahasiswa dari kedua negara.

Kegiatan di kelas diantaranya menyanyikan lagu, menari tradisional, dan pertukaran budaya lainnya.
Selain itu, mahasiswa dari Indonesia juga menampilkan pencak silat serta mengajarkan jurus dasar kepada mahasiswa Thaksin University.

Salah satu mahasiswa dari Thaksin University memberikan kesannya kepada para mahasiswa dari Indonesia karena kemampuan bahasa Inggrisnya lebih bagus dari mahasiswa di kampusnya.

Selain itu, mereka juga mengikuti kegiatan Inter Cultural Language camp selama dua hari di Wat Kuan-niang School dengan kegiatan belajar bahasa Inggris, menyanyi, menari, serta permainan yang menyenangkan.

Sekolah ini adalah sekolah dasar di Songkhla yang mempunyai program khusus agar para siswanya mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa dari luar Thailand.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 15:45:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter