Ki Purbo Asmoro Lakonkan Baladewa

Posted by


Pagelaran wayang digelar dies natalis ke-51 Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mengangkat tema ”Balarama” dengan dalang Ki Purbo Asmoro, pagelaran wayang kulit diselenggarakan di parkir auditorium Unnes Sekaran, Jumat (1/4).

Dalam sambutannya Prof Dr Fathur Rokhman Mhum mengucapkan syukur atas terlaksananya rangkaian kegiatan dies Natalis ke-51 ini. Serangkaian berbagai acara berhasil terlaksana dengan baik berkat sinergi seluruh civitas akademika.

”Konservasi tak hanya lingkungan. Konservasi budaya merupakan nilai luhur yang dapat menjadi pengingat-ingat agar civitas academica senantiasa mengutamakan kejujuran dalam menjalani tugas pada tahun akselerasi inovasi.” katanya.

Dalang Ki Purbo Asmoro melakonkan Balarama yang memiliki makna filosofis sebagai Baladewa terkenal sebagai raja yang jujur, adil, dan tulus. Baladewa ada yang mengatakan sebagai titisan daripada naga sebagai titisan Sanghyang Basuki, dewa keselamatan.

Tujuan dari pagelaran wayang kulit itu adalah keinginan Unnes untuk membaur dengan masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, tetapi juga untuk menguatkan akar nilai konservasi budaya.

from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 23:31:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter