Jaga Nilai Budaya, Unnes Pentaskan Wayang Semalam Suntuk

Posted by


SEKITARUNNES.COM, SEMARANG - Dalam rangka Dies Natalis ke-51, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar pementasan wayang semalam suntuk, jumat (01/04). Pementasan wayang dengan lakon Sang Balarama tersebut tidak hanya dihadiri segenap pimpinan di lingkungan Unnes saja, namun mahasiswa dan warga sekitar pun antusias dalam pertunjukan wayang didalangi oleh dalang kondang Ki Purbo Asmoro.

Balarama merupakan sosok yang juga mempunyai nama lain, Kakrasana, Wasi Jalandra, dan Baladewa tersebut adalah sosok raja ideal yang cerdas, tegas, berani, jujur, dan sakti mandraguna. Balarama juga tidak hanya sebagai kesatria yang pandai berperang, namun dia juga dikenal sebagai seorang brahmana masih memegang teguh ajaran-ajaran yang tertulis dalam kitab.

Pementasan wayang ini merupakan agenda rutin Unnes yang diselenggarakan setiap tahun yang bertepatan dengan puncak Dies Natalis, hal itu dilakukan oleh Unnes dalam rangka komitmen Unnes sebagai Universitas Konservasi, yakni dalam bidang konseravasi budaya.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia Dies tahun ini dan ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Ki Purbo Asmoro sebagai dalang pada Dies Natalis ke-51 ini, “ini adalah kali ketiga beliau datang ke Unnes untuk mementaskan wayang kulit, jadi beliau juga merupakan bagian dari keluarga besar Unnes dengan turut dalam hari yang berbahagia bagi warga Unnes” ungkap Prof Fahtur Rokhman.

“pementasan wayang semalam suntuk ini juga merupakan upaya dalam rangka upaya Unnes dalam komitmen Konservasi Budaya, wayang merupakan warisan budaya kita yang mempunyai nilai dan budaya sangat tinggi, maka dari itu mari kita ambil makna dari pementasan wayang malam ini” Tutur Prof Fathur. Muhammad Sholekan

from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 13:34:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter