Unnes Gelar Shalat Gerhana Matahari

Posted by

Terkait dengan akan terjadinya Gerhana Matahari Total Rabu 9 Marat 2016. Takmir Masjid Ulul Albab mengajak kepada warga muslim Unnes dan sekitarnya untuk hadir dan melaksanakan Shalat Gerhana Matahari, Rabu (9/3) pukul 06.15 di Masjid Ulul Albab Kampus Sekaran Gunungpati. Bertindak sebagai imam Prof Dr Masrukhi MPd.

Bagi ummat Islam, Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh dalam mensikapi terjadinya gerhana, yaitu dengan melaksanakan shalat gerhana. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu. (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Semoga Allah SWT memudahkan langkah kaki kita untuk hadir dan mendapatkan keberkahan. Amin ya rabbal alamin.

Fenomena langka seperti ini, masyarakat dunia akan menjadi saksi terjadinya peristiwa yang jarang terjadi ini termasuk sebagian besar wilayah Indonesia akan bisa mengamati peristiwa tersebut. Gerhana seperti ini pernah terjadi pada tahun 1983, 1988, dan 1995.

Sebagaimana dikutip dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dilaporkan bahwa peristiwa langka itu akan terjadi pada pagi hari.

Wilayah Indonesia barat gerhana mulai pukul 06.20 WIB (wilayah Palembang termasuk Jakarta dan Tanjung Pandan gerhana mulai pukul 06.21, wilayah Palangkaraya mulai pukul 06.23 mencapai puncaknya pukul 07.30, dan wilayah Bengkulu gerhana mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB).

Wilayah Indonesai bagian Tengah Daerah Palu mulai pukul 07.27 WITA. Sedangkan wilayah Indonesia Timur di Ternate gerhana mulai pukul 08.36 WIT dan mencapai puncaknya pukul 09.52 WIT.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 07:13:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter