Kepala PSGA Unnes ; Kesetaraan Gender di Bidang Pertanian Masih Harusarus Diperjuangkan

Posted by

Kesetaraan gender masih menjadi sesuatu yang harus diperjuangkan. “Banyaknya isu kesetaraan gender yang ditemukan di Bidang Pertanian ini karena terkait erat dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”kata Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Evi Widowati SKM Mkes, ketika menjadi narasumber pada Workshop Kebijakan Pengarusutamaan Gender dalam Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani, di Hotel Grand Clarion Makasar, beberapa waktu yang lalu.

Evi berpendapat, Isu kesetaran gender ini lebih khusus lagi terefleksi dalam dalam hal akses terhadap peluang dan kesempatan, partisipasi dalam proses pengambilan keputusan, kontrol terhadap sumber daya, serta perolehan manfaat dari hasil-hasil pembangunan. Hak tradisional kaum perempuan, termasuk hak anak, tidak dihilangkan dalam hal pemanfaatan sumber daya alam pertanian beserta hasil-hasilnya.

“Akses yang setara untuk kaum perempuan dan kaum laki-laki terhadap informasi permodalan dan pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian juga harus tetap diperjuangkan, “ katanya dihadapan ratusan orang dari Dinas pertanian di seluruh Indonesia dan perwakilan PSGA seluruh Indonesia .

Selain Evi, Prof Dr Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti Msi juga menjadi pembicara pada acara yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian itu.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 11:25:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter