Membangun Rumah BIPA Unnes

Posted by

Visi Unnes menuju Universitas Konservasi Bereputasi Internasional terus dipacu. Beberapa program kerjasama internasional dan pelayanan pembelajaran bagi mahasiswa asingpun terus dikembangkan. Program Darmasiswa, Program See-Conik, Program Sport Student Exchange, dan Program Bahasa Indonesia bagi Tenaga Kerja Asing (KTA) merupakan program yang terus menerus ditingkatkan layanannya. Bertolak dari kebutuhan profesionalitas layanan tersebut, maka peningkatan kompetensi dosen yang mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) menjadi penting guna membangun rumah BIPA Unnes yang berkualitas. Untuk itu, Bagian Kerja sama Unnes mengadakan kegiatan pelatihan pembelajaran BIPA bagi dosen Unnes pada tanggal 10-11 Februari 2016, di Salatiga.

Wakil Rektor Bidang Perencanan dan Kerja sama Prof Sukestiyarno PhD dalam sambutannya menegaskan pentingnya tim yang solid dalam membangun rumah BIPA Unnes. Tim BIPA Unnes perlu disipakan guna menyongsong kebijakan pemerintah Jawa Tengah yang mewajibkan warga asing yang bekerja di Jawa Tengah harus mampu berbahasa Indonesia. Kepercayaan pemerintah terhadap Unnes dalam melaksanakan tes BIPA menuntut kesiapan kompetensi dan organisasi.

“Pemerintah menganggap Unnes paling siap melaksanakan pembelajaran dan tes BIPA. Sertifikat BIPA yang dikeluarkan Unnes dapat digunakan oleh warga asing untuk memperpanjang visa. Sertifikat menjadi penting karena kebijakan pemerintah yang menyatakan warga asing tidak bisa memperpanjang visa bila tidak memiliki sertifikat BIPA. Untuk itu, kesiapan pengelolaan dan kompetensi pengajar BIPA,” tutur Prof Sukestiyarno.

Yusro Edi Nugroho MHum selaku Koordinator BIPA Unnes mengatakan, kegiatan pelatihan bertujuan mempersiapkan rumah BIPA melalui peningkatkan kompetensi pengajar BIPA. Kompetensi yang harus dimiliki meliputi pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan pengajar BIPA, pengembangan silabus dan rencana pengajaran BIPA, pengembangan bahan ajar BIPA, dan pemanfaatan teknologi dalam pengembangan bahan ajar BIPA.

“Kegiatan ini bukan sekadar paparan teori tetapi juga praktik. Materi pelatihan meliputi kebijakan BIPA, kurikulum BIPA di Unnes, teori dan praktik pengembangan silabus dan rencana pengajaran, teori dan praktik pengembangan bahan ajar BIPA, pemanfaatan teknologi dalam pengembangan bahan ajar, Praktik penyusunan lesson plan dan persiapan peerteaching, dan praktik peer teaching atau praktik mengajar. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membangun rumah BIPA Unnes ” tandas Yusro Edi Nugroho.

Hadir sebagai pemateri Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Drs Pardi MHum, Kepala Pusat Bahasa Unnes Drs Amir Sisbiyanto MHum, dan Koordinataor BIPA Unnes Yusro Edi Nugroho MHum. Saling belajar, saling evaluasi, dan saling berbagi pengalaman antar pengajar BIPA menjadikan kegiatan tersebut lebih bermakna.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 09:47:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter