Pidato Rektor pada Wisuda Periode III Oktober 2015

Posted by


PIDATO REKTOR
PADA WISUDA PROGRAM DOKTOR, MAGISTER, PENDIDIKAN PROFESI, SARJANA, DAN DIPLOMA PERIODE III TAHUN 2015
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

“Generasi Rumah Ilmu yang Inovatif dan Inspiratif
dalam Peningkatan Daya Saing Bangsa“

Yang saya hormati Ketua dan Anggota Senat
Yang saya hormati Para Pembantu Rektor
Yang saya hormati Para Ketua Lembaga/Para Dekan/Direktur PPS/Para Kepala Badan
Yang saya hormati Para Kepala Biro
Yang saya hormati Para Pembantu Dekan
Yang saya hormati Para Ketua Jurusan/
Ketua Program studi
Yang saya hormati Para Tenaga Pendidik dan Para Tenaga Kependidikan
Yang saya hormati Para Lembaga Mitra Unnes
Yang saya hormati Segenap Insan Pers
Secara Khusus, Yang saya banggakan, Para Wisudawan, Generasi Pembangun Bangsa beserta Keluarga yang Bersuka Cita serta Hadirin yang saya muliakan.

Assalamu’alaikum wr. wb., Selamat pagi dan Salam sejahtera.
Semoga kita senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Hadirin dan Para Wisudawan yang saya hormati
Alhamdulillah, marilah kita senantiasa bersyukur ke Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, pada pagi hari ini, kita dapat menghadiri acara Wisuda Periode III Oktober 2015. Mengawali sambutan saya, mengingat kita berada dalam nuansa bulan Oktober, menjelang Hari Sumpah Pemuda, maka saya mengingatkan kembali suatu pernyataan: “Satu Nusa, Satu Bangsa, serta Satu Bahasa”, yaitu INDONESIA. Sumpah pemuda, merupakan buah dari dialektika bahwa untuk mencapai kemerdekaan itu yang pertama-tama harus dilakukan adalah “Persatuan”. Semoga kita selalu memiliki kekuatan dan kesatuan untuk dapat berkontribusi bagi bangsa Indonesia dalam peningkatan daya saing menghadapi tantangan nasional, regional serta global.
Kehadiran kita di sini, untuk bersilaturahim bersama-sama melaksanakan salah satu agenda utama Unnes, yaitu Wisuda Program Doktor, Magister, Pendidikan Profesi, Sarjana, dan Diploma Periode III Tahun 2015. Pada periode ini, Unnes meluluskan 3620 lulusan. yang terdiri atas 7 doktor, 405 magister, 15 lulusan pendidikan profesi, 3039 sarjana, dan 154 ahli madya lulusan diploma III.
Dari komposisi itu, secara khusus tercatat rerata indeks prestasi kumulatif (IPK) dan lama studi para Wisudawan. Tercatat rata-rata IPK lulusan (mulai dari jenjang D3 hingga S3) 3,42. Adapun rata-rata lama studi D3 7 semester, S1 9 semester, pendidikan profesi konselor 2 semester, S2 5 semester, dan S3 9 semester.
Hadirin yang saya muliakan
Para wisudawan, tentunya berasal dari berbagai penjuru, dari provinsi di Indonesia. Kenyataan ini menunjukkan bahwa Unnes adalah universitas nasional yang sedang mewujudkan dirinya menjadi universitas bertaraf internasional atau global. Saya yakin bahwa saudara-saudara adalah putera dan puteri terbaik, yang juga merupakan para calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia tercinta. Untuk itu, dengan segala hormat, saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Segenap Orang Tua/Keluarga yang mempercayakan putra-putrinya untuk belajar di Unnes ini.
Para wisudawan Unnes ini laksana Generasi Rumah Ilmu yang selalu bersinar terang menghadirkan inovasi dan inspirasi dengan ilmu, pengetahuan dan keterampilan serta bekal hidup yang memadai yang dididik dan ditempa penuh rasa asah, asih, asuh. Unnes sebagai Rumah Ilmu, memilik prinsip dan kondisi yang harus dipenuhi. Pertama, sebagai rumah pengetahuan, jendela dan pintu antar-ruang harus dijaga tetap terbuka agar tidak terkungkung pada fragmentasi akademik. Kedua, menjaga jalinan aksiologis antara ilmu dengan realitas sosial. Leluhur kita pernah menyampaikan pesan bahwa “ilmu kelakone kanthi laku”. Sesanti ini bisa dipahami bahwa, pengetahuan harus keluar dari rumah ontologis dan epistimologisnya sehingga menemukan konteks sosial yang relevan. Ketiga, kampus hanya dapat melegitimasi dirinya menjadi rumah ilmu jika individu-individunya memiliki pikiran terbuka. Pikiran terbuka adalah syarat wajib agar dialektika keilmuan tidak tersungkur pada klaim dan jargon. Keempat, rumah ilmu juga harus dibangun dengan prinsip partisipasi, bukan kontrol mutlak, dan lebih-lebih dominasi. Untuk memahami sesuatu secara lebih komprehensif diperlukan sumbangan dari setiap orang yang terlibat di dalamnya.
Sebagai sebuah Institusi Pendidikan Tinggi, Unnes diharapkan mampu memberikan kontribusinya melalui para lulusannya untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. Tantangan ASEAN Community 2015 di tingkat regional membuka peluang akan adanya mobility dan connectivitas SDM ASEAN di semua bidang. Para wisudawan, tentunya menjadi bagian penting dari SDM yang berkualitas dan memiliki kemampuan Ipteks untuk berkontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa Indonesia menghadapi tantangan nasional, regional serta global.
Para Wisudawan yang saya banggakan
Wisuda kali ini bukanlah muara akhir dari sebuah perjalanan, karena saudara-saudara masih akan terus dituntut untuk mengaplikasikan keahliannya dan terus belajar untuk dapat berkontribusi secara maksimal dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat luas secara profesional.
Keberhasilan Saudara saat ini, selain berkat kerja keras dalam belajar, juga hendaknya Saudara sadari betul bahwa keberhasilan itu merupakan karunia Allah Swt serta doa orang tua yang tulus dan ikhlas. Oleh karena itu, sepatutnya dan seharusnya Saudara memperbanyak rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, serta meningkatkan bakti kepada kedua orang tua, guru-guru Saudara, dan orang-orang terdekat yang telah membantu Saudara dalam meraih sukses itu.
Sukses yang Saudara peroleh itu hendaknya Saudara gunakan sebagai pijakan untuk mencapai sukses lanjutan dengan meningkatnya ketekunan, kesungguhan, dan kerja keras dalam berkarya dan mengabdi di masyarakat, sehingga pada akhirnya Saudara akan menjadi Insan yang paripurna. Itulah harapan dan niat Saudara serta orang tua Saudara tatkala dahulu berangkat dari rumah untuk menyelesaikan studi di Unnes. Akhirnya, Saya berharap dan berdoa, Saudara-saudara dapat menjadi Generasi yang selalu menghadirkan inovasi dan inspirasi dengan ilmu, pengetahuan, teknologi dalam daya saing bangsa yang telah dipelajari di Rumah Ilmu, Kampus Konservasi.
Semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing kita. Apa yang kita kerjakan dan abdikan selama ini dicatat sebagai bagian dari amal kebajikan. Selamat kepada Para Doktor, Magister, Pendidikan Profesi, Sarjana, dan Diploma serta Orang Tua/Keluarga yang turut bersuka cita. Jayalah UNNES, Jayalah Pendidikan Indonesia.
Wassalamu‘alaikum wr. wb.
Semarang, 20 Oktober 2015
Rektor Universitas Negeri Semarang,
Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum.
NIP 196612101991031003

from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 18:10:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter