Inilah Empat Pesan Rektor Unnes untuk Wisudawan

Posted by

Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali mewisuda 3.620  mahasiswa pada wisuda periode III tahun 2015, Selasa dan Rabu (20 dan 21/10). Selain menjadi momentum yang membahagiakan bagi para wisudawan dan keluarganya, wisuda juga menjadi mementum yang membahagiakan Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Kepada para wisudawan, profesor ilmu sosiolinguistik itu kembali mengingatkan bahwa para wisudawan tetap  menjadi warga kampus. Oleh karena itu, mereka memiliki tanggung jawab melaksanakan prinsip-prinsip keilmuan sebagaimana prinsip yang dipegang dalam Rumah Ilmu.

“Sebagai rumah ilmu, Unnes adalah tempat ilmu pengetahuan berangkat dan pulang. Ada tiga prinsip yang dipegang Unnes. Pertama, menjaga dialog antarruang agar tidak terfragmentasi secara akademik. Kedua, menjaga jalinan aksiologis antara ilmu dengan realita sosial. Ketiga, mengembangkan sikap akademik terbuka,” katanya.

Kepada para wisudawan, Prof Fathur memberikan empat pesan. Pertama, para wisudawan agar menyiapkan diri  berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa. Hal ini terutama diperlukan karena Indonesia sedang mempersiapkan diri dalam pasar bebas regional ASEAN.

Kedua, selain buah kerja keras, kesuksesan wisudawan adalah berkat dukungan orang tua. Oleh karena itu, wisudawan harus senantiasa menghormati dan berbakti kepada orang tua. Rasa hormat yang sama juga perlu diberikan kepada guru yang menopang kesuksesan mereka.

Ketiga, wisudawan perlu menjadikan kesuksesan akademik sebagai pijakan meriah kesuksesan lanjutan. Perjalanan wisudawan masih panjang dan memerlukan kerja keras dan ketekunan untuk melaluinya.

“Akhirnya, saya berdoa supaya Saudara sekalian bisa menjadi generasi inovatif, yang dapat memecahkan tantangan inividual dan masyarakat dengan ilmu pengetahuan,” katanya.


from Universitas Negeri Semarang


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 10:44:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter