Surat Lamaran Cerminan Watak Seseorang

Posted by

Ilustrasi : Reuters
SEKITARUNNES.COM, JAKARTA - Penilaian perusahaan terhadap calon karyawan dimulai dari surat lamaran. Surat lamaran harus mencerminkan watak dan dedikasi seseorang sehingga membuat perusahaan tertarik untuk mengenal lebih jauh melalui interview.

Pendapat tersebut disampaikan oleh Dosen Fakultas Psikologi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Lucia Trisni dalam pembekalan calon wisudawan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Dalam kesempatan tersebut, Lusia berbagi tips dan trik kepada para sarjana untuk menembus dunia kerja.

"Banyak sarjana yang gagal ketika melewati seleksi surat lamaran dan wawancara. Itu lantaran surat lamaran dipercaya mencerminkan watak dan dedikasi seseorang. Maka, para sarjana harus mampu menyiapkan lamaran dengan baik. Adapun untuk menghadapi wawancara, wawasan yang luas mutlak diperlukan," tutur Lusia, seperti dikutip dari laman Unnes, Kamis (5/6/2014).

Lucia menyebut, kunci bagi sarjana untuk berhasil menembus peluang kerja adalah memahami Sumber Daya Manusia (SDM) yang diinginkan oleh perusahaan. Sebab, lanjutnya, pencari kerja ibarat barang, sedangkan perusahaan adalah konsumen.

“Perusahaan mencari barang yang berkualitas, yakni tenaga kerja yang sehat, berwawasan luas, profesional, bermotivasi tinggi, dan mampu menyesuaikan etika kerja,” katanya.

Menurut Lucia, dalam melakukan perekrutan, setiap perusahaan selalu menekankan pada orang yang sudah memiliki sikap kreatif, fleksibel, memiliki berbagai keahlian, bisa bekerja sama. “Selain itu, mereka juga mencari orang yang mempunyai keyakinan, memahami bisnis, berorientasi pada kualitas serta berorientasi pada pelanggan,” imbuh Lucia. (mrg)

Sumber : kampus.okezone.com


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 13:30:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter