Dari 730 Ribu Pendaftar SBMPTN, Baru 590 Ribu yang Membayar

Posted by

Ilustrasi (Foto : Unsoed)
SEKITARUNNES.COM, JAKARTA - H-1 penutupan, jumlah pendaftar dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 mencapai angka 730 ribu orang. Angka tersebut melebihi jumlah peserta SBMPTN di tahun lalu.

Demikian disampaikan oleh Koordinator Sekretariat Pokja SBMPTN 2014, Bambang Hermanto. Dia menyebut, hingga Kamis (5/6/2014) siang, terdapat sekira 730 pendaftar yang telah mengisi pendaftaran online.

"Siang ini, sudah lebih dari 730 ribu yang isi borang pendaftaran online. Namun yang berstatus sebagai peserta baru 590 ribu. Jumlah itu terdiri dari jurusan saintek 220 ribu orang, soshum 227 ribu, dan sisanya campuran," kata Bambang ketika dihubungi Okezone, Kamis (5/6/2014).

Lho, apa bedanya pendaftar dengan peserta aktif? Bambang menjelaskan, pendaftar artinya mereka yang melakukan pengisian terhadap borang pendaftaran online. Sementara mereka yang dikatakan sebagai peserta ialah pendaftar yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank Mandiri.

"Artinya, ada sebagian peserta yang sudah mendaftar tapi belum membayar ke bank. Kami mengimbau agar pesera yang telah mendaftar segera membayar agar statusnya meningkat menjadi peserta karena waktu pendaftaran tinggal besok hingga pukul 22.00 WIB. Kalau bisa diselesaikan hari ini jangan menunggu besok," jelasnya.

Bambang menambahkan, jumlah pendaftar aktif SBMPTN tahun ini sudah melampaui pendaftar SBMPTN 2013. Sebab, tahun lalu jumlah total peserta SBMPTN hanya mencapai 530 ribu orang.

"Dari sisi jumlah pendaftar sudah melebihi tahun lalu. Walaupun perkiraan 700-800 ribu peserta yang mengisi borang pendaftaran. Tahun lalu, sebanyak 532 ribu yang menjadi peserta aktif. Tapi, berapapun jumlahnya, pada prinsipnya kami ingin memberikan pelayanan bagi seluruh pendaftar," ungkap Bambang. (mrg)

Sumber : kampus.okezone.com


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 08:00:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter