Sudah Bukan Masanya Ujian Nasional Diperdebatkan

Posted by

 


SEKITARUNNES.COM - Semangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan sudah sepantasnya harus terus didengungkan. Bukan malah mendebatkan ujian nasional (UN), yang tidak akan ada habisnya. Bahkan, abad ini diklaim bukan eranya berdebat, melainkan berkolaborasi.

"Ini bisa membangun anak bangsa," ujar Ketua Komite Gerakan Indonesia Berkibar (GIB), Farhan, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (22/5/2014).

Menurut dia, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia di antaranya adalah kualitas dan kompetensi guru, komitmen mengajar, kualitas manajemen sekolah, kualitas infrastuktur pendidikan, kesempatan pemerataan pendidikan, relevansi pendidikan dengan kebutuhan, visi dan moralitas pendidik serta biaya pendidikan.

Oleh karena itu, Gerakan Indonesia Berkibar (GIB) memerlukan bentuk partisipasi masyarakat dari berbagai pihak, yang diharapkan akan berkontribusi memajukan pendidikan Indonesia.

"Pertama pendukung, mereka yang memiliki fungsi legislatif dalam memastikan aspirasi para pihak yang peduli akan perbaikan pendidikan tertampung dalam menjalankan fungsi legalisasi. Kedua mitra, perusahaan dan institusi yang mengalokasikan dana CSR untuk menjalankan program tanggung jawab sosial untuk perbaikan kualitas pendidikan Indonesia," ucapnya.

Ketiga, lanjut dia, fasilitator, yakni mereka yang memiliki program perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia fasilitator menawarkan program yang dapat membawa pendidikan Indonesia, melahirkan calon-calon pemimpin masa depan yang dapat menjawab tantangan global.

"Terakhir pemberi pengaruh atau influencer, memiliki fungsi meningkatkan pemahaman pentingnya pendidikan melalui penyebaran informasi untuk memperbaiki kualitas guru dan sekolah di Indonesia demi membangun bangsa yang lebih kokoh," bebernya.

Sumber: kampus.okezone.com


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 08:30:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter