[Opini] Transportasi Kampus UNNES

Posted by

Sejak di berlakukannya kebijakan bebas kendaraan bermotor di kampus UNNES pada tanggal 2 Januari 2013 dengan slogannya yaitu:

”Di Kampus : Jalan Kaki atau Bersepeda, Yuk!”

Kampus  Konservasi UNNES sudah menyediakan fasilitas transportasi di sekitar yang menghubungkan fakultas satu dengan fakultas lain yakni Bus UNNES dengan jumlah total 4 unit.



Transportasi ini sebagai alternatif  jika ada beberapa faktor yang tidak memungkinkan mahasiswa itu sendiri untuk berjalan kaki seperti di karenakan jarak fakultasnya jauh dari tempat parkir atau yang lainnya. Karena kebijakan tersebut sebenarnya dimaksudkan untuk mengarahkan mahasiswa agar bersepeda dan berjalan kaki untuk mengurangi polusi disekitar kawasan kampus dan juga untuk hidup sehat. Namun fasilitasnya belum maksimal seperti Bus kampus yang sudah mulai di biasakan kepada mahasiswa fasilitasnya kurang, sepereti AC yang rusak dan kapasitasnya yang kurang memadahi, tidak seimbang dengan jumlah mahasiswa yang ada. Mungkin lebih baik jika busnya diganti dengan bus yang memungkinkan kuotanya lebih banyak dan penumpang yang berdiri juga nyaman, atau mungkin mengubah desain tempat duduk bus UNNES dengan desain dalam bus Trans Semarang yang menyediakan kuota yang lebih banyak dengan desain kursi yang sedemikian rupa  dan memberika tepat untuk berpegangan kepada penumpang yang berdiri.

Desain Tepat Duduk Bus Trans Semarang
Desain dalam bus yang menyediakan pegangan bagi penumpang yang berdiri

Mungkin desain bus UNNES bisa diubah desainnya mirip dengan bus trans namun busnya tetap. Hal tersebut dapat menambah banyaknya kuota yang bisa masuk dalam bus dan keamanan pun lebih terjamin karena bagi penumpang bus yang berdiri mereka memiliki pegangan di dalam bus jadi ini mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan di dalam bus seperti terjatuh yang di karenakan tidak ada pegangan dalam bus. Tidak hanya itu kami juga mengharapkan jika fasilitas busnya di perbaiki sepertiAC bus yang bocor dan rusak agar segera diperbaiki serta menyamakan fasilitas satu bus dengan bus yang lain karena dalam pengamatan saya fasilitas bus satu dan lainnya sangat jauh berbeda seprti kualitas AC nya atau fasilitas tambahan seperti TV ataupu yang lain. Ada bus yang fasilitasnya sangat menghawatirkan alias parah jadi lebih baik jika seua Bus Fasilitasnya di samakan. Jadi harapan kami hanyalah mendapatkan fasilitas kampus yang semaksimal mungkin.

Sumber: Blog Firda Rahmawati Putri Mahasiswa Teknik Sipil Unnes.


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 10:12:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter