ATM, Automatted Teller Machine yang diterjemahkan jadi Anjungan Tunai Mandiri

Posted by




ATM adalah mesin yang digunakan untuk menggantikan tugas teller pada sebuah bank. Dengan adanya ATM, seseorang bisa melakukan penarikan dan setoran uang secara mandiri. Mandiri di sini mengacu pada apa yang dilakukan oleh orang tersebut, bukan mandiri sebagai nama bank. Karena bank BCA, Muamalat, BNI dll mempunyai ATM juga.

Singkatan ATM atau Kepanjangan ATM berasal dari bahasa inggris Automatted Teller Machine atau Mesin Teller Otomatis. Namun dalam perkembangannya di Indonesia ‘ndilalah‘ singkatan ATM tersebut bisa dipanjangkan menjadi Anjungan Tunai Mandiri yang kurang lebih artinya sama dan huruf singkatannya juga sama, kemungkinan di translate pake google translate, hehe.

Dari segi arah uang, jenis ATM bisa dibedakan menjadi 2 yakni ATM penarikan uang dan ATM setoran Uang. ATM setoran tunai adalah ATM yang digunakan untuk menyetor atau menabung, jadi anda tidak perlu ke teller untuk menabung, biasanya di mesin ATM ada kotak untuk memasukkan uangnya.

atm tarik tunai

atm setoran tunai
atm setoran tunai

atm non tunai

Pembagian ATM  menurut keterlibatan uang ada 2 yakni ATM tunai dan ATM non tunai. ATM Tunai melibatkan uang sedangkan ATM non Tunai tidak melibatkan uang. Lantas apa gunanya ATM non tunai kalau tidak ada uang yang terlibat????  Nah…, jenis ATM ini biasanya digunakan untuk melakukan transfer. Apalagi didukung dengan adanya keyboard, kita bisa melakukan transfer sambil memasukkan pesan atau berita tertentu dalam transferan kita agar mempermudah transaksi dan notifikasi bagi orang yang kita transfer.

Ada 2 jaringan ATM di Indonesia yakni Jaringan ATM Bersama dan Jaringan ATM Prima. Sebuah bank bisa terdaftar di satu atau dua jaringan ATM sekaligus. Untuk dapat melakukan transfer uang, sebuah bank perlu berada dalam satu jaringan.


Pasang iklan disini untuk muncul di tiap artikel (ukuran 300px)
Blog, Updated at: 02:59:00

0 comments:

Post a Comment

Sekitar Unnes On Twitter